4 Cara Memilih Masker Motor yang Tepat untuk Digunakan Berkendara

Berkendara di jalanan perkotaan yang sarat akan kemacetan dan polusi udara di setiap sudutnya membuat Anda perlu intens memperhatikan kesehatan. Anda tentu akan membutuhkan masker motor yang tepat untuk melindungi diri dari kondisi jalanan yang kurang bersahabat pada kesehatan badan. Masker ini tentunya berbeda dengan jenis masker kesehatan yang dipakai oleh petugas kesehatan di puskesmas maupun di rumah sakit yang sering Anda lihat.

Jika masker kesehatan cenderung berbahan tipis dan sekali pakai, maka untuk masker khusus pengendara sepeda motor cenderung lebih tebal. Sayangnya penjual masker khusus pengendara motor ini cukup banyak dan tidak semua produknya sesuai dengan standar. Lebih-lebih kalau order melalui toko online yang belum jelas reputasinya maka bisa jadi malah memperoleh masker yang mengecewakan. Usahakan untuk lebih teliti menentukan pilihan sebab bukan hanya soal uang melainkan dampaknya pada kesehatan tubuh Anda sendiri. 

Masker Motor

Cara Memilih Masker Pengendara Motor yang Tepat

Masker ini akan membantu melindungi sistem pernafasan pengendara motor dari udara yang tidak baik masuk ke tubuh. Bisa karena kaya akan debu saking banyaknya kendaraan truk yang memuat material berdebu di jalanan yang Anda lalui. Bisa pula karena melintasi jalanan yang polusinya cukup tinggi, karena sering dipenuhi pengguna jalan baik dengan motor maupun mobil ataupun karena berdekatan dengan kawasan industri. Memakai masker tentu menjadi tindakan cerdas agar tidak membahayakan kesehatan.

Akan tetapi jangan asal saat memilih masker motor kalau tidak mau manfaatnya menguap begitu saja, maka simak tata cara memilih maskernya berikut ini:

  • Pastikan bahannya bagus dan kuat,

Masker berkendara yang baik tentunya terbuat dari material yang berkualitas bukan material sembarangan. Idealnya kain atau bahan apapun yang dipakai cukup tebal dan kuat agar tidak mudah rusak atau sobek ketika menabrak udara selama berkendara. Maka penting untuk memilih masker yang bahannya memang berkualitas.

  • Terdapat bantalan busa atau spons di tengah,

Masker berkendara sepeda motor yang baik tentunya bukan sekedar kain yang dipotong dan dirapikan dengan jahitan dari mesin. Lebih dari itu, masker berkendara yang baik tentu akan memiliki lapisan isi di dalamnya sebagai penyaring udara. Busa ini biasanya tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis, sehingga meski menyaring udara dengan baik. Anda yang memakainya pun tidak akan sesak nafas, maka usahakan lebih teliti.

  • Tali masker cukup kencang,

Masker ini tentunya didesain memiliki tali, dan Anda wajib sekali mencari yang talinya cukup kencang. Akan lebih baik lagi kalau tidak memakai masker yang talinya diikat dulu sebab model seperti ini ternyata mudah bergeser. Tadinya berniat melindungi sistem pernafasan namun kalau tanpa sadar bergeser sendiri udara kotor pun menerobos masuk. Maka pilih yang cukup dislobok saja ke kepala supaya pas dan tidak mudah bergeser, pastikan talinya juga kuat.

  • Periksa dulu kondisi maskernya sebelum dibeli,

Belanja masker bisa dilakukan secara online melalui situs belanja online kepercayaan Anda ataupun belanja secara konvensional. Usahakan pada saat membeli untuk memeriksa kondisinya dulu, dan kalau transaksi order dilakukan di toko online. Pastikan penjualnya sudah mengecek barang dagangannya sebelum dikirim sehingga tidak membeli masker yang sudah rusak atau cacat. Teliti memang penting dan meskipun harga masker motor cukup murah namun kalau kurang teliti dijamin fungsi atau manfaatnya tidak akan didapatkan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *