Cara Mengobati Flu dengan Bahan-Bahan Alami

Cara mengobati flu menjadi rujukan yang belakangan ini banyak dicari. Musim hujan yang selalu menyisakan udara dingin membuat orang dengan daya tahan tubuh lemah lebih mudah mengalami flu. Meski bisa sembuh tanpa pengobatan khusus, nyatanya penyakit flu ini tetap saja mengganggu kelancaran aktivitas.

Cara Mengobati Flu Bahan Alami

Flu atau influenza ini juga dapat menular, jadi jangan karena menilai ini penyakit ringan lantas tidak segera mengobatinya. Jangan sampai orang di sekeliling Anda tertular flu, karena lagi-lagi flu adalah penyakit dan harus tetap ditangani.

Tidak harus selalu mengandalkan obat-obatan kimia untuk menyembuhkan flu. Manfaatkan saja bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Berikut adalah cara mengobati flu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Berkumur dengan air garam

Air garam masih menjadi salah satu andalan untuk mengatasi flu. Efek dehidrasi dari air garam ini mampu membantu mengeluarkan cairan berlebih yang mengganggu kesehatan tenggorokan dan juga bisa memusnahkan kuman.

Ketika tenggorokan terasa sakit, buatlah larutan air garam. Lebih disarankan menggunakan air hangat agar tenggorokan terasa lebih nyaman. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur, setidaknya 3 kali sehari.

Sup ayam

Tidak perlu obat yang pahit dari dokter, bahkan untuk mengobati flu Anda bisa membuat sup ayam. Sup ini dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Lebih dari itu komposisi dari kuah sup akan diserap tubuh dengan baik sehingga menghindarkan Anda dari dehidrasi dan lendir pun lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, ayam mengandung gizi yang berperan sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada sinus. Menyantap sup ayam hangat juga bisa menghangatkan tubuh.

Jahe

Seperti sudah menjadi resep turun-temurun, sampai sekarang jahe juga masih dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan flu. Buatlah minuman jahe hangat sehingga tubuh bisa senantiasa hangat. Peradangan pada tubuh juga bisa diatasi dengan minuman tradisional ini. Apabila kurang menyukai rasa jahe, Anda bisa mencampurnya dengan minuman lain sesuai selera.

Air putih

Penderita flu biasanya rentan mengalami dehidrasi, oleh karena itu tetap penuhi asupan cairan tubuh dengan minum banyak air putih. Jika cairan tubuh tercukupi, hidung tersumbat bisa lebih mudah diatasi.

Buah dengan vitamin C

Saat flu menyerang, itu artinya kekebalan tubuh sedang lemah. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Seperti buah jeruk, strobery, pepaya, tomat dan lain sebagainya.

Demikianlah deretan bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati flu. Perlu ditegaskan lagi bahwa flu bisa menular, jadi pastikan untuk segera mengobati flu agar orang-orang di sekitar Anda tidak tertular. Setelah sembuh, tetap jaga kesehatan dan lakukan upaya pencegahan flu supaya flu tidak lagi menyerang.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *