Cara Perawatan Kacamata Renang yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Berenang menjadi salah satu olahraga yang banyak disarankan oleh dokter karena berbagai macam manfaat salah satunya adalah bisa membantu dalam penyembuhan sakit punggung. Saat berenang, disarankan untuk menggunakan kacamata renang agar mata Anda tidak perih saat sedang berenang dan juga membantu Anda agar bisa melihat di dalam air. Untuk menjaga agar benda yang banyak ditemukan di toko online ini tetap awet dan tahan lama, Anda bisa melakukan cara perawatan seperti berikut.

Pertama adalah hindari untuk menggosok pada bagian dalam lensa. Banyak orang yang menggunakan tangan atau dengan kain seperti handuk untuk menggosok bagian dalam dari lensa misalnya karena berembun agar kacamata tersebut bebas dari embun atau kabut atau kotoran. Cara tersebut bertujuan agar bagian dalam dari lensa tidak tergores dan rusak misalnya tidak menghilangkan lapisan anti-kabut. Untuk membersihkan lensa, gunakan lap lembut seperti lap kacamata agar tidak merusak bagian dalam lensa.

Kacamata Renang

Kedua adalah bilas langsung. Setelah Anda menggunakan kacamata untuk renang tersebut, sesegera mungkin langsung Anda bilas dengan menggunakan air dingin yang bersih kemudian letakkan atau biarkan hingga kacamata tersebut mengering sendirinya. Karena pada bagian lensa tidak dirancang tahan panas, hindari untuk mengeringkannya menggunakan hair dryer atau menjemur kacamata tersebut. Hindari juga membilas menggunakan air hangat ataupun air panas karena cara tersebut justru bisa menyebabkan kerusakan yang terjadi pada klip tali serta lensa. Selain itu, hindari menggunakan deterjen ataupun jenis produk kimia yang lainnya saat mencuci kacamata untuk renang agar tidak menyebabkan kerusakan.

Ketiga adalah keringkan. Cara yang paling pas dan tepat untuk mengeringkan kacamata renang adalah dengan membiarkan kacamata tersebut kering dengan sendirinya. Tidak sedikit orang yang setelah membilas kacamata untuk renang tersebut menggunakan air dingin dan langsung membungkusnya menggunakan handuk agar cepat kering ataupun langsung memasukkannya ke dalam kantong atau tas saat masih dalam kondisi basah. Cara tersebut justru bisa menyebabkan jamur serta bakteri yang mudah berkembang biak dan akan menyebabkan kerusakan pada kacamata. Hindari juga mengeringkan kacamata dengan menjemurnya di bawah terik matahari karena cara tersebut bisa menyebabkan klip, tali, frame lensa kacamata menjadi mengering dan bahkan rentan patah.

Keempat adalah simpan di tempat yang memiliki suhu kamar. Dalam menyimpan kacamata untuk renang yang dilengkapi dengan antiembun atau antifog maka Anda harus menyimpannya dengan posisi lensa yang menghadap ke bawah. Dengan cara tersebut air yang ada pada kacamata tersebut bisa turun dan tidak menyebabkan kacamata menjadi berembun dan rusak. Hindari menyimpan di tempat yang terlalu lembab atau terkena paparan AC secara langsung dan terkena sinar matahari langsung.

Jika Anda menemukan kerusakan pada antifog yang rusak, dilihat dari lapisan bening yang mengkerut dari luar, Anda bisa melakukan cara berikut ini untuk memperbaiki antifog pada kacamata renang:

  • Mempergunakan ludah. Cara ini banyak diaplikasikan bahkan oleh perenang profesional. Cara paling murah meriah ini bisa Anda lakukan dengan cara meludahi lensa pada bagan dalam dari kacamata kemudian gunakan jari Anda yang bersih untuk meratakan ludah. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.
  • Menggunakan antifog spray.
  • Mempergunakan shampoo rambut karena bahan kimia pada shampoo tersebut bisa membantu untuk menghilangkan embun.
  • Mempergunakan pasta gigi. Caranya adalah dengan oleskan pasta gigi tersebut pada lensa kacamata bagian dalam kemudian ratakan dan bilas bersih.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *