Cuci AC mu Sebelum Terlambat

Pendingin ruangan / AC kamu kurang dingin atau tidak dingin? Atau mengeluarkan bunyi berisik saat dinyalakan? Itu tandanya kamu harus cuci ACmu. Bisa jadi pendingin ruangan kamu sudah banyak debu atau kotor.

Kebersihan pendingin ruangan itu harus diperhatikan lho, jika tidak rutin dibersihkan maka debu, kutu, jamur dan bakteri akan menumpuk di filter dan menyebabkan kerja pendingin ruangan kamu semakin berat dan tidak bekerja secara optimal.

Cuci AC sejasa

Pada umumnya, pendingin ruangan perlu di bersihkan atau di cuci sebulan sekali. Namun, semuanya kembali lagi tergantung dengan waktu pemakaian pendingin ruangan kamu. Berikut tips untuk kamu yang ingin membersihkan pendingin ruangan atau AC yang sederhana dan aman demi menjaga kualitas udara yang kamu hirup dirumah.

Cara Cuci AC yang praktis dapat kamu lakukan di rumah.

  • Langkah pertama yaitu kamu harus mematikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik. Tidak mau terjadi sesuatu yang bahaya kan.
  • Gunakan alat pembersih AC seperti mesin penyedot debu, kemoceng, atau lap kering untuk menyingkirkan debu pada filter pendingin ruangan dan permukaan luarnya.
  • Jangan lupa baca petunjuk AC kamu untuk mengetahui bagaimana cara melepas dan membersihkan filter pendingin ruangan yang kamu miliki.
  • Setelah itu, dengan mesin penghidap debu atau kuas yang bersih, singkirkan debu-debu yang menempel pada filter AC.
  • Kemudian, bilas filter AC di bawah aliran air. Jika kotor, cuci dengan sabun cuci piring yang cair seperti Sunlight, kemudian bilas hingga kotorannya terangkat.
  • Lalu yang terakhir, keringkan filter pendingin ruangan kamu di tempat teduh, perlu diketahui untuk menjemur filter ini, kamu tidak perlu menjermurnya di bawah sinar matahari. Cukup di tempat yang teduh.

Kerja AC yang optimal tentunya menghasilkan udara yang baik bagi penikmatnya. Selain harus dibersihkan setiap bulannya, kamu juga perlu tahu cara merawat ac yang baik dan benar.

Cara Merawat AC agar tahan lama dan tetap dingin

  • Mematikan AC jika kamu pergi. Nah hal ini sering sekali dilupakan oleh kita jika sudah terburu-buru atau sengaja menyalakan AC agar suhu ruangan dingin. Jelas sekali salah besar nih. Karena AC yang kamu nyalakan terus menerus bisa membuat tagihan kamu membengkak.
  • Tutuplah pintu atau nyalakan pendingin ruangan kamu di ruangan yang tertutup rapat. Hal ini bertujuan tentunya agar kinerja AC kamu dapat bekerja dengan maksimal.
  • Atur suhu ruangan diatas 22 derajat. Jangan terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius karena akan membuat mesin cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat merupakan suhu yang dirasa pas.
  • Gunakan timer ketika menyalakan pendingin ruangan. Sebaiknya AC dinyalakan paling lama 5 jam. Apabila kamu tidur, gunakan timer yang dengan otomatis akan mematikan pendingin ruangan kamu setelah 5 jam. Dengan begitu, kamu juga bisa menghemat energi.
  • Cek freon. Setiap 6 bulan sekali, kamu harus mengecek freon pendingin ruangan kamu. Biasanya pengecekan ini dilakukan oleh jasa teknisi AC.
  • Perhatikan blower di luar. Karena terlalu fokus sama AC yang ada di ruangan, sampai lupa kalau ternyata AC memiliki blower yang berada di luar ruangan. Sebaikanya periksa dan dibersihkan secara rutin agar sirkulasi udara semakin segar.

Demikian tips cara mencuci AC dan merawat AC. Mulai sekarang, perhatikan ac mu ya agar awet dan tetap dingin.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *