Tiket Kereta Bisa Dibeli Secara Online Tak Hanya dari Situs PT. KAI, Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tak Tertipu

Belakangan ini internet tak hanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kebutuhan mencari pertemanan baru saja, melainkan juga sebuah media untuk berbisnis. Memungkinkan siapa saja untuk lebih mudah dalam mendapatkan uang, misalnya adalah dengan menjual barang, atau dengan menawarkan sebuah jasa. Karena tak ada batasan konsumen, tak hanya mereka masyarakat dari dalam negeri saja, melainkan juga luar negeri bisa menjadi target market Anda. Selain untuk kebutuhan bisnis jual beli barang atau jasa, beberapa diantaranya juga menggunakan layanan untuk memudahkan masyarakat sendiri, seperti penjualan tiket kereta atau sarana transportasi yang lainnya.

Pemerintah bahkan sudah sangat mendukung adanya hal ini, karena dengan demikian keamanan dan juga kenyamanan bisa didapatkan oleh setiap orang ketika akan membeli tiket perjalanan. Namun setidaknya juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli tiket untuk perjalanan Anda online, diantaranya adalah keamanan. Faktanya juga sangat banyak diantara situs-situs tak bertanggung jawab yang tawarkan pembelian tiket, namun setelah konsumen membayarnya, tak kunjung dapatkan barang yang diinginkan.

Penipuan sejenis ini sering kali terjadi, tindakan oknum-oknum tak bertanggung jawab yang pastinya merugikan konsumen sendiri. Uang hilang namun barang tak didapatkan. Untuk mencegah terjadinya penipuan pembelian tiket kereta, pesawat atau yang lainnya secara online, berikut ini ada beberapa tips dalam membedakan situs jual beli yang terpercaya dan juga tidak, diantaranya adalah :

Tiket Kereta Api Murah Bukalapak

  1. Perhatikan nama domainnya, situs terpercaya umumnya memiliki domain khusus yang berbayar alias bukan gratisan, seperti dengan mengandalkan word press atau memanfaatkan fasilitas blog gratisan. Mereka memiliki nama khusus yang sudah cukup dikenal, bahkan tak jarang diantaranya yang mengiklankan dirinya di beberapa media.
  2. Cek alamat dan juga nomor yang dapat dihubungi, jika mereka menggunakan nomor hotline, maka jangan langsung mempercayainya, kebanyakan diantara situs resmi selalu mengandalkan nomor telepon asli. Begitu juga dengan kantor atau alamat yang dapat dikunjungi, hal ini difungsikan untuk meningkatkan kepercayaan bagi konsumen-konsumennya.
  3. Memberikan tawaran harga yang wajar, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah tarif, jangan percaya begitu saja dengan pilihan tarif murah, bahkan di bawah standard pasaran. Karena logikanya jika pihak penjualan tersebut memberikan harga yang sangat murah, sudah pasti tak akan dapatkan keuntungan sama sekali, bahkan juga rugi. Namun jika tarif murah masih dalam nominal yang wajar berarti memang sebuah keuntungan bagi konsumen untuk dapatkan biaya yang murah.
  4. Melalui prosedur yang umum atau sudah seharusnya dilakukan, misalnya adalah dengan mengisi data diri sesuai dengan yang sudah diberlakukan, melakukan pembayaran hingga konfirmasikan pembayarannya untuk bisa dapatkan kode tiket tersebut. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan sehingga konsumen terhindar dari tindak kejahatan.
  5. Memberikan banyak fasilitas pembayaran, situs penjualan resmi umumnya juga tak hanya tawarkan satu media pembayaran, melainkan banyak, ingin transfer lewat ATM manapun, khususnya yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti BRI, BNI, BCA maupun Mandiri, kemudian layanan pembayaran e-banking hingga menggunakan kartu kredit hendaknya harus ada.

Itulah 5 ketentuan yang harus diperhatikan ketika Anda akan membeli tiket kereta lewat sebuah situs jual beli online, selain dari PT. KAI, karena pada dasarnya PT. KAI sendiri sudah menyediakan sebuah website resmi. Situs tersebut bisa dijadikan sebagai sarana untuk pembelian tiket secara online lebih mudah, tanpa harus datang langsung ke stasiun.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *