Tips Memilih dan Merawat Softlens Minus dengan Benar

Bagi wanita, softlens merupakan penggunaan wajib saat wanita bepergian, sedang mengikuti acara resmi dan juga menjadi hal wajib saat sedang menggunakan make up. Untuk mata minus penggunaan softlens ini dipilih untuk membuat penggunanya tidak perlu menggunakan kacamata. Softlens minus ini cukup membantu para wanita dengan mata minus dan tetap membuat penampilan tetap baik. Penggunaan softlens ini bahkan menyesuaikan dengan warna pakaian karena desain dan model softlens yang beragam. Namun penggunaan softlens ini juga perlu diperhatikan dikarenakan banyaknya kejadian buruk yang dialami pengguna karena tidak melepas softlens saat tidur. Ada juga yang menggunakan softlens saat sedang berhadapan dengan matahari dan menyebabkan mata menjadi merah.

Softlens Minus

 

Softlens sudah dijual pada beberapa situs jual beli online terpercaya dengan harga yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan pun cukup menarik sesuai dengan merek dan modelnya.

Berikut adalah tips memilih softlens untuk pemula diantaranya:

  • Untuk pemula sebaiknya memilih softlens dengan warna bening, kontak lensa bening biasanya memiliki kadar air yang lebih tinggi sehingga lebih nyaman saat digunakan.
  • Hindari memilih softlens dengan beraneka motif, karena biasanya softlens digunakan untuk mengganti kacamata dan terbiasa dengan softlens polos.
  • Perhatikan ukuran diameter softlens, jika memiliki bola mata besar sebaiknya memilih softlens dengan diameter 15mm dan jika bola mata kecil maka pilih softlens diameter yang lebih kecil.
  • Sesuaikan kadar air dengan kondisi mata, setidaknya 48% yang termasuk kadar air rendah dan mampu sedikit menyerap air mata sehingga kelembapan bola mata tetap terjaga.
  • Sesuaikan dengan minus mata, sebaiknya mengukur minus mata dan sebaiknya membeli softlens di optik karena dapat langsung mengukur minus mata.

Selain beberapa diatas, pengguna dapat juga memilih softlens dengan teknologi terbaru. Hydrogel merupakan teknologi yang memungkinkan oksigen mengalir dengan bebas. Ada juga softlens dengan UV blocking sehingga mencegah kerusakan softlens dan mata saat terpapar sinar matahari. Pertimbangkan juga ketebalan softlens yang akan dipilih, karena jika sangat tipis akan membuat softlens cepat robek.

Berikut adalah tips merawat softlens minus diantaranya:

  • Catat tanggal kadaluarsa, biasanya bulanan dan kadang satu tahun dan supaya lebih bersih gunakan softlens sekali pakai.
  • Cairan pembersih, setidaknya 3 hari sekali perhatikan kotak sudah terisi air apa belum dan pastikan softlens tidak kering.
  • Obat tetes softlens, untuk memastikan mata tidak kering dan perih saat menggunakan softlens.
  • Tangan harus bersih sebelum memasang softlens dan jangan menggunakan sabun yang tidak mengandung parfum.
  • Kuku bersih dan pendek dan jika menggunakan kuku panjang maka akan mengalami robekan jika tidak belum ahli.
  • Jangan pakai softlens seharian maksimal penggunaan 12 jam dan melepas setelah 6 jam pemakaian.

Beberapa softlens seperti Acuvue, Biomedics, Air Optix, Freshlook dan Avaira sudah terdapat pada situs belanja online terpercaya. Softlens saat ini memiliki banyak inovasi dan teknologi sehingga akan memberikan kenyamanan. Terutama terdapat softlens yang menyediakan oksigen mudah masuk ke mata sehingga mata yang menggunakan oksigen tidak akan mengalami kering maupun perih.

Softlens minus memiliki beberapa motif dan warna yang dapat menyesuaikan dengan tampilan saat itu. Pastikan juga memilih softlens dengan rekomendasi dokter sehingga akan lebih menjamin keamanan penggunanya. Hal ini supaya softlens yang digunakan tidak membuat mata iritasi dan juga kemerahan. Pemakaian softlens juga perlu dihindari saat akan tidur karena saat ini banyak sekali kejadian mengerikan ketika lupa melepaskan softlens.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *