Tips Memilih Paket Internet yang Tepat Agar Bermanfaat Maksimal

Kebutuhan akan komunikasi dan informasi yang murah namun tak terbatas yang semakin tinggi membuat internet semakin menjadi barang yang sangat penting. Kini berbagai gadget harus dapat terhubung dengan internet agar pemiliknya bisa menggunakannya dengan maksimal. Kebutuhan akan internet yang tak bisa dipisahkan dengan gadget ini membuat paket internet yang disediakan oleh banyak provider menjadi komoditi penjualan yang laris manis di pasaran. Hal ini juga yang membuat persaingan oleh para provider dalam memberikan paketan internet semakin memanas. Harga yang diberikan seakan semakin murah untuk memikat calon pembelinya. Namun bagi Anda yang berlangganan internet dan akan terus membutuhkannya, sebaiknya lebih teliti dalam memilih paketan internet agar lebih bermanfaat.

Paket Internet

Semua provider memiliki paketan internet yang dijual di masyarakat dengan beberapa pilihan. Tak jarang, paketan yang diberikan selalu di update dan diganti-ganti sesuai dengan kebijakan provider untuk menyaingi paketan dari provider lainnya. Hal ini juga didorong oleh penggunaan smartphone yang memiliki 2 slot micro sim sehingga penggunanya akan lebih leluasa menggunakan berbagai provider sesuai dengan manfaat yang diberikan. Akan tetapi, persaingan ini juga bisa menyesatkan bagi konsumen karena terdapat syarat dan ketentuan khusus yang terkadang tak dipahami oleh penggunanya. Bagi Anda yang ingin membeli paket internet dan bisa menggunakannya dengan maksimal, berikut ini adalah tips dan point yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihannya.

  • Besaran kuota.

Umumnya paketan internet dihargai dengan satuan kuota. Yang paling umum adalah dalam satuan giga misalnya 1,2, 4, dst. Beberapa provider memberikan batasan pada penggunaan kuota tersebut misalnya dalam penggunaan satu bulan sejak diaktifkan. Ada pula yang memberikan masa lebih panjang misalnya satu tahun pemakaian. Harga yang diberikanpun memiliki perbedaan sehingga Anda bisa memilih dengan mudah berdasarkan kebiasaan dan kebutuhan kuota. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa membelinya di toko online atau situs belanja online.

  • Pembagian kuota.

Beberapa provider membagi-bagi jumlah kuota yang diberikan berdasarkan jaringan. Jika di lingkungan Anda hanya mendukung salah satu jaringan saja, maka perhitungkan hanya jumlah kuota yang bisa digunakan di jaringan tersebut. Jangan sampai Anda terkecoh dengan mengira jumlah kuota paket internet tersebut bisa digunakan seluruhnya.

Perhatikan juga jaringan atau sinyal di lingkungan Anda dan tempat yang sering dikunjungi. Jangan hanya karena harga murah Anda membeli paketan internet dengan provider yang minim sinyal. Meski memiliki banyak kuota namun penggunaannya akan lambat jika tak ada sinyal yang bisa diterima.

  • Kuota vs unlimited.

Bagi Anda yang memerlukan kuota besar misalnya untuk keperluan mengisi wifi di rumah dengan beberapa gadget, sebaiknya memiliki paket unlimited yang bisa diperoleh di semua provider baik berupa sim card pasca bayar maupun paket internetan broadband. Dengan begitu Anda bisa memiliki kuota tak terbatas untuk semua kebutuhan keluarga.

Dengan memperhatikan point pemilihan di atas, diharapkan Anda tak hanya memiliki paket internet dengan harga yang murah saja namun juga bisa digunakan dengan maksimal. Ada baiknya Anda menggunakan 2 buah paketan dengan salah satu untuk keperluan wifi di rumah dan yang lain untuk penggunaan mobile smartphone. Penggunaan wifi bisa dipakai untuk kebutuhan seluruh keluarga yang dapat dipenuhi dengan lebih hemat menggunakan jaringan broadband. Dengan begitu, Anda akan memiliki tagihan tetap dan lebih terjangkau ketika berada di rumah namun tetap bisa berkomunikasi dan mencari informasi ketika berada di luar rumah.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *